Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik

Posted on 282 views
Review-Asus-ExpertCenter-D3-Tower-dan-D5-SFF-Indonesia Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik
Ilustrasi Asus ExpertCenter untuk Industri Manufacturing

Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik ~ BursaKamera.co.id. Memasuki era 4.0, dunia industri sudah beranjak maju menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber. Diantara yang terbesar dalam revolusi industri hari ini adalah Internet of Things (IoT) yakni dimana semua komputer-komputer yang ada di sebuah bisnis terkoneksi ke internet. Setiap satu masalah yang timbul di lini produksi dapat langsung diketahui saat itu juga (Red: Real Time) oleh pemilik atau pengelola bisnis.

Di tengah pandemi saat ini, IoT juga menjadi solusi bagi masyarakat dimana mereka diharuskan melakukan berbagai aktivitas dari rumah mulai dari belajar, bekerja hingga berbelanja. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Microsoft, nantinya dunia kerja masa kini dan masa depan akan bersifat hibrid yang tidak mengharuskan mereka pergi ke kantor. Artinya, masyarakat harus melakukan berbagai persiapan matang untuk mendukung pekerjaan serta perkembangan bisnis mereka, salah satunya dengan mempersiapkan perangkat komputer yang handal.

Didalam menjawab kebutuhan ini, Asus menciptakan sebuah teknologi komputer terbaru yakni ExpertCenter .  Bukan hanya satu tipe komputer, Asus langsung merilis dua tipe komputer yakni  Asus ExpertCenter  D3 Tower D300TA dan ExpertCenter  D5 SFF D500SA dengan fitur-fiturnya yang canggih sangat sesuai dengan perkembangan zaman 4.0. Hal ini dilakukan untuk mendukung pebisnis UMKM sampai dengan kelas Enterprise.

Berdasarkan informasi resminya, Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin mengatakan bahwa Asus paham bahwa Personal Computer (PC) masih memiliki peran yang besar dan belum dapat tergantikan oleh komputer portabel seperti laptop atau mobile workstation.

“Sehingga sebagai perusahaan teknologi yang berangkat dari industri PC desktop Asus memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan bisnis anda serta memberikan nilai lebih melalui teknologi dan inovasi terkini.” Ungkap Jimmy Lin

Kedua PC tersebut mempunyai fitur keamanan yang baik, selain itu pada ExpertCenter  D3 Tower ia merupakan komputer desktop full tower, sedangkan pada ExpertCenter  D5 FF  merupakan komputer yang memiliki ukuran kecil sehingga lebih fleksibel. Dua rilisan terbaru itu memiliki performa yang powerful. Sangat cocok untuk digunakan di kantor dan rumah yang memiliki ruang terbatas.

Asus ExpertCenter  D3 Tower D300TA

Review-Asus-ExpertCenter-D3-Tower-dan-D5-SFF-Indonesia Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik
Asus ExpertCenter D3 Tower
Windows 10 Pro
10th Gen

Intel® CPU

Up to
64GB
DDR4 RAM
Up to
4TB + 1TB
(HDD + SSD)
Up to
GeForce GT1650
NVIDIA® graphics

Hadirnya Asus ExpertCenter  D3 Tower menambah khazanah produk Asus yang menarik. Desain warma hitam bermotif garis membuat kesan gagah dengan case khusus yang sudah teruji di kemiliteran AS (MIL-STD 801G). Komputer ini memiliki berat lebih kurang 7Kg dengan dimensi ukuran 160 x 380 x 355 mm (WxDxH).

Dalam mempermudah dan menjalankan komputer untuk bisnis ini, Asus sudah menyediakan perangkat ExpertCenter  D3 Tower dengan dua software bawaan, yakni Asus Control Center dan juga Asus Business Manager. Dua perangkat lunak bawaan tersebut dijamin akan mempermudah serta merampingkan tugas karyawan, salah satunya staf Teknologi dan Informasi (TI) perusahaan yang dengan itu dapat mengontrol pengelolaan aset perusahaan dengan baik dan dapat menghemat waktu dan biaya.

Software khusus Asus Control Center ini merupakan perangkat dari Asus yang sudah di instal di ExpertCenter  D3 Tower untuk melakukan manajemen TI  terpusat. Software ini mampu melakukan kontrol jarak jauh, baik didalam pemantauan perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (software) dan juga dapat melakukan penjadwalan tugas melalui desain interface berbasis website.

Sedangkan, software Asus Business Manager adalah sebuah platform yang juga telah disediakan Asus yang dapat memfasilitasi pengelolaan PC. Untuk pemakaian aplikasi ini, kita dapat dapat melakukan partisi virtual terenkripsi untuk menyimpan data penting dan juga melakukan kontrol pemblokiran USB.

Komputer canggih dari Asus ini dibekali chipset Intel H410 yang kompatibel dengan jajaran prosesor 10th Gen Intel Core, ExpertCenter  D3 Tower (D300TA) juga menanamkan konfigurasi RAM DDR4 hingga 64GB.

Dikutip dari Headline.co.id, dalam sistem operasinya, Asus ExpertCenter  D3 Tower D300TA juga memberikan dua pilihan untuk para penggunanya yakni Windows 10 Home (Original) atau Windows 10 Pro. Kita tidak perlu khawatir didalam penyimpanan data bisnis yang semakin hari semakin padat karena ExpertCenter  D3 ini sudah dibekali dengan penyimpanan hingga 512GB SSD dan 2 TB HDD. Jika dirasa masih kurang, kita tetap bisa melakukan upgrade hingga 1 TB SSD dan juga 4 TB HDD.

Asus ExpertCenter  D3 Tower (D300TA) juga telah dibekali dengan hardware yang terbaik di kelasnya. Selain memiliki durabilitas yang tinggi, komputer ini juga memiliki umur pemakaian yang lama sehingga dapat menekan biaya operasional perusahaan didalam menyediakan perangkat.

Untuk menekan Total Biaya Kepemilikan (TCO), Asus ExpertCenter  D3 Tower ini sudah dirancang dengan slot ekspansi maksimum sehingga dapat mempermudah pemilik untuk melakukan peningkatan komponen sesuai kebutuhan bisnis di kemudian hari. ExpertCenter  D3 Tower juga dibekali tiga perangkat penyimpanan seperti  port I/O, konektifitas WiFi dan beragam slot Pcle untuk kartu grafis tambahan,

Review-Asus-ExpertCenter-D3-Tower-dan-D5-SFF-Indonesia Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik
motherboard Asus ExpertCenter D3 Tower

Bukan hanya slot ekspansi yang dapat memperpanjang usia pemakaian, seri Asus kali ini juga menggunakan motherboard yang terkenal nomor wahid di dunia. Dengan penawaran perlindungan sistem yang komprehensif melindungi perangkat keras, stabilitasnya di jamin 24 jam 7 hari seminggu lewat uji ekstensif dan kinerja yang konsisten.

Selain itu, Asus juga menambahkan D3 Tower dengan 100% kapasitor solid yang teruji ketahanannya dan dapat mencapai kinerja yang stabil. Dalam penggunaan yang ekstrem pun Asus ExpertCenter  D3 Tower D300TA dapat diandalkan.

Dari performa grafisnya kita tidak perlu khawatir karena ExpertCenter  D3 Tower sudah dimasukkan kartu grafis hingga NVIDIA GeForce GTX 1650 4GB DDR6 dalam paket penjualannya, paket lainnya juga terdapat grafis seperti Intel HD Graphics 630, dan juga NVIDIA GeForce GT710 2GB DDR5 tergantung kita untuk menyesuaikannya dengan bisnis yang sedang digeluti. Sedangkan dari sisi audionya ExpertCenter  D3 Tower telah dibekali dengan High Definition 7.1 Channel Audio.

Review-Asus-ExpertCenter-D3-Tower-dan-D5-SFF-Indonesia Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik
Koneksivitas Asus ExpertCenter D3 Tower

Pada sisi panel bagian belakang ExpertCenter  D3 Tower juga telah dilengkapi dengan port USB yang lengkap. Ada dua tipe port dalam panel tersebut, pertama port modern seperti HDMI dan USB Type-A. Kedua ada port oldschool seperti VGA dan LAN. Sedangkan di panel bagian depan portnya terdiri dari audio port 3.55mm (input dan output) dan USB Type-A.

Asus ExpertCenter  D5 SFF D500SA

Review-Asus-ExpertCenter-D3-Tower-dan-D5-SFF-Indonesia Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik
Asus ExpertCenter D5 SFF
Windows 10 Pro
10th Gen
Intel® CPU
Up to
64GB
DDR4 RAM
Up to
3TB + 2TB
HDD + SSD
Up to
GeForce GT1030
NVIDIA® graphics

Sebelumnya kita sudah mengupas habis Asus ExpertCenter  D3 Tower D300TA selanjutnya pada kolom ini kita akan membahas Asus ExpertCenter  D5 SFF (D500SA) untuk para pebisnis yang memiliki ruang terbatas.

Asus ExpertCenter  D5 SFF (D500SA) merupakan sebuah perangkat komputer yang memiliki desain small from-factor, sehingga sangat cocok dipakai untuk para pebisnis yang akan  memulai bisnisnya. Meskipun terlihat kecil dari seri diatas, ExpertCenter  D5 SFF sudah dibekali dengan teknologi yang canggih sehingga dapat menunjang peforma bisnis untuk terus meningkat.

Jika dilihat, desain pada CPU ExpertCenter  D5 SFF (D500SA) ini berwarna hitam seperti seri ExpertCenter  D3 Tower hanya saja yang membedakan keduanya dimensi dan motifnya.

Asus ExpertCenter  D5 SFF (D500SA)  memiliki desain yang cukup ramping, beratnya hanya 5.5 Kg dan dimensi yang ringkas 9.5 x 29.28 x 34 cm. Biarpun ukurannya kecil tidak menjadi masalah, Asus ExpertCenter  D5 SFF juga telah mengantongi sertifikasi uji ketahanan militer AS (MIL-STD 810G).

Meskipun berbentuk ramping dan kecil, Asus ExpertCenter  D5 SFF (D500SA) juga memberikan penawaran fitur hassle-free upgrade yaitu fitur yang memungkinkan pengguna PC tersebut mengganti fitur SATA HDD dan SSD, serta ODD (Optical Disk Drive) tanpa menggunakan alat bantu tambahan. Cukup menarik bukan?

Review-Asus-ExpertCenter-D3-Tower-dan-D5-SFF-Indonesia Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik
Asus ExpertCenter D5 SFF

Fitur diatas sangat penting bagi para penggiat bisnis dimana untuk menyesuaikan kebutuhan, melakukan upgrade  komponen pada bagian media penyimpanan (storage) dan ODD akan lebih sering dilakukan. Selain dua komponen tersebut, pengguna ExpertCenter  D5 SFF (D500SA) juga dapat meningkatkan RAM, menambahkan kartu grafis serta WiFi card.

Sama seperti seri sebelumnya, ExpertCenter  D5 SFF ini juga telah dibekali dengan motherboard yang terkenal nomor satu di dunia. Dengan penawaran perlindungan sistem yang komprehensif melindungi perangkat keras, stabilitasnya di jamin 24 jam 7 hari seminggu lewat uji ekstensif dan kinerja yang konsisten.

Asus ExpertCenter  D5 SFF sudah dilengkapi dua software yang membantu kita dalam mengelola bisnis, yakni Asus Control Center  dan Asus Business Manager. Hanya dengan dua aplikasi ini kita bisa memantau proses bisnis dan mengelola aset perusahaan. Selain itu,  ExpertCenter  D5 SFF (D500SA) juga sudah dibekali dengan prosesor 10th Gen Intel Core sehingga meningkatkan performa dan menunjang aktifitas bisnis di rumah ataupun di kantor.  Pihak Asus juga menyediakan opsi RAM berkapasitas hingga 64GB.

Review-Asus-ExpertCenter-D3-Tower-dan-D5-SFF-Indonesia Asus ExpertCenter D5 Tower dan D5 SFF Komputer Green Asus untuk Industri 4.0 yang Lebih Baik
Asus ExpertCenter D5 SFF

Untuk menghemat waktu dan tenaga, dalam seri kali ini Asus telah membuat desain khusus guna mempermudah penggunanya dalam mengganti dan menambah perangakat. Seperti penyematan port konektivitas pada panel depan dan belakang. Panel belakang terdiri dari HDMI, DisplayPort dan USB tipe-A, serta port legacy seperti VGA dan PS/2. Sedangkan Pada panel depan terdapat jack audio 3,5 mm (input dan output), dan port USB tipe-A. Selain itu tersedia penambahan slot smart card reader dan SD card reader.

Bukan hanya meraih sertifikasi uji ketahanan standar militer AS, kedua PC Desktop ExpertCenter  tersebut sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis, seperti fitur Trusted Platform Module (TPM) yang dapat menyimpan password dan kunci enkripsi secara lebih aman serta fitur yang memungkinkan IT administrator untuk mengunci penggunaan port USB sehingga menjamin keamanan data bisnis.

Tidak sampai disitu, dua seri terbaru ini juga telah diinstalkan Kensington Security Slot dan Padlock Slot. Hal ini dapat mencegah pencurian fisik PC Desktop dari lokasi yang tidak terawasi.

Green Asus

Dalam rangka menjaga lingkungan, Asus telah mendesain ExpertCenter  D3 Tower dan D5 SFF sebaik mungkin dan seminimal mungkin untuk tetap memakai bahan-bahan yang tidak mencamari lingkungan. Green Asus nama yang dipilih untuk dua seri terbaru ini. Dikutip dari website resmi Asus.com, Green Asus meliputi empat bidang yakni green manufaktur, green desain, green servis dan green pengadaan.

Kedua seri terbaru ini mengikuti persyaratan lingkungan yang ketat dan mengoptimalkan penggunaan energi untuk menurunkan biaya pengoperasian penggunaan dalam jangka panjang. Untuk mencapai efisiensi tinggi pada catu dayanya, ExpertCenter  D3 Tower dan D5 SFF menggunakan kapasitor kelas atas.pada ExpertCenter  D3 memiliki sertifikasi 80+ Bronze, sedangkan ExpertCenter  D5 SFF mengantongi sertifikasi 80+ Platinum. Kedua seri ini menunjukkan energi terbuang minimum, menghasilkan lebih sedikit panas serta penghematan biaya jangka panjang.

Pelayanan Prima Dengan Dukungan & Garansi

Selain berkualitas tinggi, Asus juga menawarkan garansi 3 tahun secara global untuk kedua seri diatas. Dimana Asus memberikan opsi perpanjangan masa garansi sampai 5 tahun. Untuk lini komersial diantaranya mencakup layanan Pick-Up & Return (PUR) dan On Site Service (OSS).

Melalui layanan prima Pick-Up & Return (PUR) konsumen tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan layanan service dari Asus. Selain itu, pihak Asus juga menyediakan Customer Service (CS) selama 24/7 pada bidang perangkat keras dan perangkat lunak.